Cara Mengetahui dan Berhenti Layanan SMS Penyedot Pulsa


Anda suka? mari berbagi:

Akhir-akhir ini semakin banyak pengguna telepon seluler yang melaporkan kasus “penyedotan pulsa” oleh operator telpon. Banyak diantara pengguna ponsel yang mengeluhkan layanan sms premium yang mengurangi pulsa pelanggan setiap hari. Bahkan sebagian pelanggan operator selular tidak menyadari atau “tidak merasa” mendaftar ke layanan sms premium dari penyedia konten yang bekerjasama dengan operator selular.

Orang mulai mencari cara bagaimana mengetahui layanan sms berlangganan apa saja yang terdaftar dan mencari tahu gimana sih cara menghentikan layanan sms penyedot pulsa.  Banyak penyedia konten yang ditengarai bermain “curang” dengan menjebak korban dan tidak transparan dalam layanan mereka. Mereka mempromosikan layanan dengan gencar baik dengan kirim sms massal maupun lewat iklan di televisi dan internet, namun kurang sekali informasi tentang tarif yang dikenakan kepada pelanggan dan cara untuk berhenti berlangganan.

Kembali ke pokok bahasan kali ini, untuk cara mengetahui dan berhenti layanan sms penyedot pulsa ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui dikartu sim ada layanan apa saja sih yang aktif?.

  1. Kenali nama layanan dan nomer shortcode yang anda ikuti, untuk berhenti berlangganan secara default biasanya dengan mengirim sms dengan format UNREG <nama_layanan> atau STOP <nama_layanan> lalu kirim ke nomer shortcode masing-masing layanan premium tersebut.
  2. Jika anda tidak tahu nama layanan sms premium yang aktif di ponsel, anda bisa dengan menghubungi agen atau customer care masing-masing operator.
  3. Bagi pelanggan Telkomsel, ketik *111#  untuk kartu halo dan *116# untuk kartu simpati/As, lalu pilih menu “3.Informasi Konten Anda” lalu akan muncul menu selanjutnya pilih “1.Berhenti Berlangganan Semua” untuk mematikan semua servis.
  4. Untuk pelanggan Flexi kirim sms ke nomer 222 dengan mengetikkan “list” (tanpa tanda petik). Kemudian tunggu sms balasan yang berisi daftar list layanan yang diikuti, setelah keluar info sms premium tinggal di unreg diikuti nama layanan. Contoh sms balasan dari nomer 222:
    Anda Terdaftar Layanan:
    1. 1234-berita_tawaku
    2. …..
    3. …..
    Untuk berhenti sms UNREG <layanan> ke shortcode masing2. misal UNREG berita_tawaku kirim ke 1234.
  5. Untuk operator Indosat, cukup ketik STOP lalu kirim sms ke nomer layanan sms premium yang ingin dihentikan.
  6. Untuk operator lain, silahkan hubungi customer care untuk menanyakan secara langsung terkait masalah penyedotan pulsa ini.

Jika cara-cara diatas belum juga berhasil, Anda bisa menghubungi Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia atau BRTI untuk mengadukan masalah ini di nomer telp. 0815-89-30000 atau kirim email ke pengaduan@brti.?r.id.

Mudah-mudahan tidak ada lagi isu atau kejadian “pencurian pulsa“. :) .


Jika Anda Suka Artikel Diatas, Baca Juga Artikel ini:

Anda ingin berlangganan artikel gratis dari blog Jaringan Lokal? Silahkan masukkan email Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru gratis via email langsung ke INBOX Anda:

Klik Subscribe, ketik kode Chapca/tulisan yang muncul, lalu Cek Email anda

Comments
  1. Iwan Restiono

    Wah, nice info nih gan. Soalnya saya pake Three dan kena SMS GAUL, padahal ga pernah daftar. Saya STOP GAUL langsung ada pemberitahuan berhenti berlangganan. Akhirnya, setelah pulsa saya ilang 10rb. :D

    • Admin

      Sy jg pake kartu itu sering kena “palak”, padahal cuma dipake internetan saja.

  2. makasih infonya nih… soalnya terkadang bila kita sedang akses internet mlalui HP sering terjebak layanan ini nih…

    salam kenal
    Jimmy Hartono
    mampir ya kalau ada waktu

  3. sy pke bbrp operator.. slah satunya adalah Esia. sy ingin mnghilangkn RBTny (dr Esia DV8.88)., tp da di UNREG kok tdak bs.?
    prnah sy tidak isi plsa slama 2 bulan.,tp stelah di isi lagi, ya ttp nyedot pulsa lagi Gan.
    tlong solosiny ya Gan..
    tuengkiu…

    • Admin

      Coba hubungi cs operatornya mas atau hubungi pihak BRTI kalau merasa dirugikan, thanks

  4. thks for u

ADD YOUR COMMENT

*