Cara Unblock Atau Delisting IP Address di Spamhaus


Anda suka? mari berbagi:

ip SpammerJika sebelumnya sudah dibahas apa itu Spamhaus, cara kerja Spamhaus dan bagaimana Spamhaus memblok ip address. Spamhaus sebenarnya bukan memblokir ip secara langsung melainkan hanya melisting dalam bentuk database ip address yang terindikasi melakukan kegiatan Spam. Kemudian database tersebut dapat digunakan sebagai rujukan layanan lain misalnya web email, website atau layanan online untuk memblok akses dari komputer yang ip-nya masuk daftar spam.

Anda mungkin pernah mengalami koneksi internet lambat, tidak bisa buka website tertentu. Hal itu bisa saja terjadi karena ip yang anda gunakan masuk daftar spam di Spamhaus. Lalu bagaimana cara unblock atau delisting ip address yang terblokir di Spamhaus?, lihat langkah berikut:

  1. Cari ip address yang anda gunakan, silahkan kunjungi situs seperti whatismyip.com untuk mengetahui berapa ip kita lalu catat atau salin ke notepad.
  2. Kunjungi Blocklist Removal Center, kemudian masukkan ip address anda lalu klik tombol “Lookup“.
  3. Setelah itu muncul info apakah ip masuk daftar blokir atau tidak.
    Blocklist removal tool
  4. Klik text link biru dibawah tulisan merah yang menandakan ip masuk daftar blokir. Jika ketiganya bertuliskan not listed berarti ip tidak masuk daftar.
  5. Kemudian akan halaman baru tentang status blok, lihat dibagian “Removal Procedure” klik tombol “Remove an IP from SBL/PBL/XBL“.
  6. Scroll kebawah lalu centang “I have read and I have understood this page” lalu klik “Remove IP Address“.
    Spamhaus
  7. Lalu isi form dengan ip address, email, negara, type ip statik atau dinamik dan jangan lupa ketik kode captcha yang muncul. Setelah itu klik tombol “Submit“.
    Spamhaus form
  8. Buka email yang dikirim Spamhaus lalu salin 5 digit kode verifikasi didalam email.
  9. Kemudian balik lagi ke Spamhaus dan masukkan kode verifikasi tersebut.
  10. Setelah berhasil, Anda perlu menunggu sekitar 2 jam sampai ip berhasil dibersihkan.

Ohya perlu dicatat bahwa email yang digunakan untuk proses removal ini harus email dengan domain sendiri dan bukan email gratisan seperti gmail, yahoo dan hotmail. Gunakan hanya email domain sendiri atau jika Anda pengguna speedy bisa memakai email yang Anda dapatkan dari telkom seperti telkom.net dan lain-lain.


Jika Anda Suka Artikel Diatas, Baca Juga Artikel ini:

Anda ingin berlangganan artikel gratis dari blog Jaringan Lokal? Silahkan masukkan email Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru gratis via email langsung ke INBOX Anda:

Klik Subscribe, ketik kode Chapca/tulisan yang muncul, lalu Cek Email anda

Comments
  1. heru gehenk

    mohon pencerahannya.. ane msh newbie nich di networking

ADD YOUR COMMENT

*