Problem Gagal Install Driver VGA


Anda suka? mari berbagi:


VGA atau biasa disebut juga kartu grafis (Graphic card) adalah perangkat keras dalam komputer yang bertugas untuk mengolah gambar agar bisa ditampilkan di layar monitor. Seperti hardware lainnya, vga membutuhkan driver untuk dapat melakukan tugas tersebut sebagai penghubung antara hardware dan system operasi. Driver yang dimaksud adalah perangkat lunak yang harus diinstall kedalam system agar vga dapat dikenali sesuai dengan jenis dan bisa bekerja optimal dalam memproses hasil output ke monitor.

Namun kadang kita menemui kendala saat install driver vga seperti yang pernah saya alami. Beberapa kali mencoba menginstall driver (lewat file setup) untuk vga VIA S3 Unichrome Pro ke komputer jadul saya selalu gagal dengan keterangan:

Setup was unable to complete the installation. check the progress log in your windows directory for more details. C:\WINDOWS\s3iscfg.log

Setelah saya cek file C:\WINDOWS\s3iscfg.log ternyata tidak ada keterangan atau petunjuk berarti atau solusi dari problem tersebut.

Kemudian saya coba cara lain yaitu dengan install driver secara manual dan ternyata berhasil sampai vga benar-benar dikenali sesuai typenya. Kalau mau tau cara install driver vga manual lihat dibawah ini:

  1. Siapkan file installasi driver yang sesuai dengan vga.
  2. Buka “device manager” dari menu run -> ketik “devmgmt.msc” lalu OK.
  3. Setelah jendela device manager terbuka, perhatikan di Display adapters. Biasanya jika vga belum dikenali terdapat tanda (?) yang menandakan driver belum terinstal dengan benar.
  4. Klik kanan di tanda tanya (?) tersebut lalu pilih menu “update driver“.
  5. Setelah terbuka jendela Hardware Update Wizard, pilih “Install from a list or specific location (Advanced). Lalu klik “Next”.
  6. Di halaman selanjutnya pilih “Don’t search. I will choose the driver to install.” Lalu Next lagi.
  7. Selanjutnya pilih “Display adapters” dari daftar perangkat lalu Next.
  8. Kemudian klik tombol Have Disk... klik Browse lalu tentukan folder tempat menyimpan driver instalasi vga yang sebelumnya selalu gagal diinstall.
  9. Tunggu sampai driver selesai diinstall.

Bukan hanya vga, cara ini juga berlaku untuk driver perangkat lain yang gagal diinstall. Jika Anda mau membackup dan merestore kembali driver semua perangkat gunakan saja tool Double Driver.

Jika Anda Suka Artikel Diatas, Baca Juga Artikel ini:

Anda ingin berlangganan artikel gratis dari blog Jaringan Lokal? Silahkan masukkan email Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru gratis via email langsung ke INBOX Anda:

Klik Subscribe, ketik kode Chapca/tulisan yang muncul, lalu Cek Email anda

Comments
  1. ARTIKEL INI SANGAT MEMBANTU SAYA, MAKASI ATAS ARTIKELNYA GAN, ANE IZIN COPAS GAN, DAN SUMBER SAMA ANDA :)

  2. Azrael

    ane udah ikuti cara agan d atas dan berhasil ampe finish,giliran k restart mlh gk mau masuk windows n lngsng k restart sendiri,dah cba dri cd,download driver lain,comot/tes ram 1 1,n trakhir ane install ulang OS ttp sama kek gtu

    Mohon pencerahaanya :(

  3. akang

    Wah… benar setelah update vga card standard bawaan win 7 32 bit nya, lalu driver display intel toshiba nya baru bisa jalan, padahal sudah berkali kali jalankan /instal drivernya tetap gak bisa mengubah kecerahan/ contras layar.. hampir mau instal uang kembali lagi.. sebab pas intal ulang baru ada masalah ini.. tapi setelah googling download berbagai driver buat unintal seperti ddu , hw toshiba dan sebagainya tetap gak bisa.. setelah saya temukan web agan ini, dan ikuti.. jereng jreng…. ang ing eng…. hehehehe,… langsung bisa masuk intel driver toshibanya..
    terima kasih yah agan.. webn tulisannynya sudah membantu masalah saya.. semoga tetap berkarya..

ADD YOUR COMMENT

*