Step by Step Backup OS Windows Dengan Norton Ghost


Anda suka? mari berbagi:


Norton Ghost memang software yang sangat bermanfaat untuk backup dan restore baik OS, partisi maupun harddisk. Seperti software Clonezilla, Norton Ghost mampu menyalin persis dari partisi maupun harddisk kedalam file image atau direct langsung ke harddisk lain. Program ini sudah banyak dipakai para teknisi komputer dan jaringan khususnya yang menangani banyak pc dalam jaringan lokal. Karena untuk penanganan jaringan lokal dengan banyak pc kita tidak perlu repot install windows ke pc baru, tinggal restore saja dari file image (gho) yang sudah dibuat oleh Norton ghost. Apalagi program ini juga mampu membackup dan restore dari harddisk ke harddisk dengan perbandingan 1:1 yang isinya sama dengan harddisk yang disalin.

Berhubungan dengan backup Operating system baik windows maupun linux, jarlok akan coba mengulas sedikit tentang langkah membackup windows atau linux menggunakan software Norton Ghost yang berguna sekali jika suatu saat anda berniat untuk install ulang OS. Anda tidak perlu repot instal ulang hanya tinggal me-restore dari file image gho yang sudah dibuat sebelumnya. Sebaiknya proses backup dilakukan setelah anda baru selesai install windows dan semua program lain seperti microsoft Office, Adobe photoshop, Corel draw, dan lainnya agar file backup yang dihasilkan dalam keadaan fresh. Ohya untuk software Norton ghost sendiri biasanya sudah ada didalam cd rescue seperti miniPE atau Hiren’s boot, silahkan cari sendiri file iso cd jenis ini di situs file sharing seperti 4shared, atau coba googling. Saya menggunakan cd miniPE atau windows live cd yang didalamnya sudah ada aplikasi Norton ghost, ikuti langkah berikut:

  1. Boot komputer dari cd miniPE /Windows live cd lalu jalankan software Norton ghost.
  2. Tampilan norton ghost versi 8, Pilih menu Local -> Partition -> To Image.
  3. Pilih Harddisk yang berisi OS, Jika ada lebih dari satu harddisk perhatikan size-nya lalu klik OK.
  4. Selanjutnya pilih Partisi atau drive yang berisi system operasi windows yang biasanya di drive C:, kemudian klik OK.
  5. Kemudian Pilih tempat penyimpanan dan beri nama file backup yang akan dibuat. Selanjutnya klik “Save”.
  6. Pilih Yes
  7. Tunggu proses backup sedang berlangsung sampai selesai.
  8. Setelah selesai, simpan file yang berektensi .gho tadi atau bisa juga di burn ke DVD blank untuk backup jika sewaktu-waktu windows atau linux bermasalah dan ingin diinstal ulang.

Untuk merestore file backup langkanya hampir sama, pada waktu Ghost baru dijalankan pilih menu  Local -> Partition -> From Image. Anda juga bisa menjalankan Norton ghost langsung dari cdnya atau dari windows jika program sudah diinstall di komputer.


Jika Anda Suka Artikel Diatas, Baca Juga Artikel ini:

Anda ingin berlangganan artikel gratis dari blog Jaringan Lokal? Silahkan masukkan email Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru gratis via email langsung ke INBOX Anda:

Klik Subscribe, ketik kode Chapca/tulisan yang muncul, lalu Cek Email anda

Comments
  1. yogi

    tolong bantu cara ghost lewat jaringan…thnxs

  2. and

    this article I was looking for, thanks bro :)

    • Admin

      Thanks brother :D

  3. wah sangat jelas dan lengkap tutornya gan, siip

  4. Muhammad Yusuf

    very useful, this is one of many best articles i had read about Norton backup.
    Thanks

  5. berguna sekali norton ghost ini untuk restore dan backup OS saya. ngomong2 ghost ini free gak ya.

  6. jibekGraph

    andai pakai flashdisk bagaimana caranya ? terima kasih sebelumnya

  7. Tutorialnya jelas banget gan. Terimakasih, sangat membantu ane dalam membuat image ghost.

ADD YOUR COMMENT

*